Sabtu, 01 Desember 2012

SELAYANG PANDANG FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS PADJADJARAN



qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnm
 
                                                      
    
SELAYANG PANDANG

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI

UNIVERSITAS PADJADJARAN



         A.   SEJARAH  SINGKAT  FAKULTAS  ILMU  KOMUNIKASI

Perjalanan Fakultas Ilmu Komunikasi yang ada saat ini diawali dari pemikiran sekelompok tokoh pendiri yaitu Prof. Dr. Mr. R. Moestopo, Azhary Sulaiman, A.Z. Palindih, S. Rochnadi, dan R. Roekomy yang hasilnya pada 6 September 1960 terbit SK Ketua Yayasan Pembina Unpad mengenai pembukaan Fakultas Jurnalistik dan Publisitik. Fakultas ini kemudian resmi dibuka 18 September 1960 dengan diangkatnya Prof. Dr. Mr. R. Moestopo sebagai Dekan Fakultas baru ini. Tanggal 18 September kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya Fikom.
Perjalanan setelah dibukanya Fakultas Jurnalistik dan Publisistik, pada 8 Nopember 1960 secara resmi disampaikan kepada Menteri PTIP dan pada 1 Pebruari 1962 Fakultas ini menjadi Fakultas Publisistik dan Jurnalistik. Dengan berbagai pertimbangan baik akademis dan kebutuhan akan lulusan yang terserap di dunia kerja terjadi perubahan nama pada Fakultas ini dimana 23 April 1963 Fakultas Publisitik dan Jurnalistik mengalami pergantian nama menjadi Fakultas Publisistik Unpad yang pada 27 Pebruari tahun 1964 sarjana fakultas ini mendapatkan kesetaraan ijasah negeri.
Fakultas ini secara resmi bernaung dibawah Unpad berdasarkan SK Menteri PTIP No. 225 tertanggal 1 Nopember 1965 dimana terjadi perubahan bahwa Institut Publisistik dengan lima departemen yang ada pada waktu itu, yakni:
1. Jurnalistik
2. Penerangan/Propaganda
3. Public Relations
4. Graphic Arts/Photography
5. Telekomunikasi (Komunikasi Massa)

Menjadi salah satu Fakultas yang ada di lingkungan Unpad dengan nama Fakultas Publisistik. Perubahan masih terus terjadi ketika orientasi ilmu Komunikasi mengalami pergeseran dari Eropa khususnya Jerman ke Amerika dan ini dinyatakan dengan SK presiden RI No. 47 tahun 1982 tertanggal 7 September 1982 tentang susunan organisasi Unpad, dan Kepmendikbud RI No.133/O/1983 tanggal 5 Maret 1983 tentang organisasi dan tata kerja Unpad, bahwa Fakultas Publisistik diubah namanya menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi saat ini Fikom memiliki empat jurusan :
1. Jurusan Ilmu Jurnalistik
2. Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat
3. Jurusan Ilmu Manajemen Komunikasi
4. Jurusan Ilmu Informasi dan Perpustakaan

Dengan dua program Studi yaitu:

1. Program Studi Ilmu Komunikasi
2. Program Studi Ilmu Perpustakaan.

Perkembangan Fakultas kesebelas di unpad ini terjadi dengan pesat sejalan dengan era informasi yang tidak terbendung, sehingga untuk memenuhi permintaan berbagai pihak melalui SK No. 65/DIKTI/Kep/1999 pada tahun 1999 Fikom membuka program Diploma III dengan Program Studi:

 Ilmu Kehumasan
Penyiaran,
 dan Komunikasi Bisnis.

 Selanjutnya melalui SK No. 184/DIKTI/Kep/1997 mulai tahun akademik 1997/1998 Fikom membuka membuka program Ekstensi dengan tujuan untuk memberikan kesempatan pada masyarakat untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Perjalanan selanjutnya dengan niat baik Fikom pun mengikuti perkembangan keilmuan dan permintaan pasar yang mengharuskan ilmu dan pengetahuan itu terus maju berkembang maka dibuka pula program pascasarjana baik jenjang magister maupun tingkat doktoral (yang saat ini berada di bawah pengelolaan Program Pascasarjana Unpad).
Saat ini Fikom Unpad menempati dua lokasi kampus yang berbeda, yaitu kampus Jatinangor dan kampus Bandung yang terletak di Jalan Dago Pojok.


B. TUJUAN PENDIDIKAN PROGRAM STUDI
1. Program Studi Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT)
Program Studi D III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT) menjabarkan Visi Fikom Unpad ke dalam rumusan yang lebih menekankan pada penyelenggaraan program pendidikan ilmu komunikasi yang lebih berorientasi pada pendidikan vokasional (terapan). Oleh karena itu, Visi Program Studi DIII PAKT adalah: “Menjadi Pusat Penyelenggaraan Pendidikan Ilmu Komunikasi Terapan yang Memiliki Keunggulan Kompetitif”
Program Studi Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga ahli madya yang:
1) Mampu memahami pengetahuan dan konsep komunikasi vokasional (terapan).
2) Mampu merespons perkembangan yang terjadi di bidang komunikasi vokasional (terapan).
3) Mampu mengaplikasikan keterampilan komunikasi vokasional (terapan) secara kreatif dan inovatif.

2. Program Studi Ilmu Komunikasi
Program Pendidikan Sarjana Ilmu Komunikasi bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga ahli dalam bidang komunikasi dengan kualifikasi sebagai berikut:
1) Berkepribadian serta mempunyai kesadaran bernegara dan bermasyarakat sesuai dengan Pancasila;
2) Bersikap terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang komunikasi.
3) Menguasai dasar-dasar metodologi ilmu, sehingga mampu mengembangkan Ilmu Komunikasi dan bertindak sebagai sarjana.
4) Mempunyai keahlian dasar dalam memahami, menjelaskan, dan memecahkan masalah-masalah yang ada dalam kawasan keahlian Ilmu Komunikasi sesuai dengan bidang Komunikasi.
5) Memahami asas-asas pengelolaan dan mampu memangku jabatanjabatan sesuai dengan keahlian komunikasi dalam kegiatan produktif dan pelayanan masyarakat.

3. Program Studi Ilmu Perpustakaan
Program Pendidikan Sarjana Ilmu Perpustakaan bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga ahli dalam bidang Perpustakaan dengan kualifikasi sebagai berikut:
1) Menghasilkan sarjana yang berkualitas dan memiliki kemampuan berkompetisi di dunia kerja.
2) Melakukan penelitian dan menghasilkan karya ilmiah yang berskala nasional dan internasional pada bidang ilmu perpustakaan dan informasi
3) Menghasilkan tenaga pendidik yang berkompeten dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi

C.KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI

1. Program Studi Diploma III Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT)
Program studi diploma III PAKT memiliki beberapa peminatan, antara lain: Penyiaran, Kehumasan, Periklanan, Komunikasi Bisnis, serta Informasi dan Perpustakaan.
Peminatan Penyiaran
Kompetensi Utama Ahli Madya Penyiaran meliputi:
1. Mampu menyusun perencanaan, pelaksanaan, evaluasi produksi TV atau Radio
2. Mampu membuat program TV atau Radio
3. Mampu mengarahkan kegaitan informasi TV atau Radio
4. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kegiatan penyiaran.

Kompetensi Penunjang Ahli Madya Penyiaran meliputi:
1. mampu membuat program kreatif di bidang penyiaran TVdan Radio
2. Mampu menguasai dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi di bidang TV dan Radio
3. Mampu bekerja sama dalam tim program siaran TV dan Radio.

Kompetensi lainnya Ahli Madya Penyiaran meliputi:
1. Memiliki kepribadian yang baik – menunjukkan rasa hormat, perhatian, dan empati
2. Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam kegiatan penyiaran
3. Mampu menerapkan Etika Profesi di bidang Penyiaran
4. Memiliki kemampuan kewirausahaan
5. Memiliki kemampuan komunikasi efektif

Peminatan Kehumasan
Kompetensi Utama Ahli Madya Kehumasan meliputi:
1. Cakap dalam membina hubungan dengan berbagai publiK.
2. Mampu melakukan media monitoring dan media relations
3. Mampu melaksanakan Kampanye Humas
4. Mampu melakukan pengelolaan media kehumasan
5. Mampu menulis dan berbicara secara efektif untuk kepentingan kegiatan kehumasan
6. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk bidang kehumasan

Kompetensi Penunjang Ahli Madya Kehumasan meliputi:
1. Mampu melakukan lobby dan negosiasi dengan berbagai publik
2. Mampu melakukan evaluasi program kehumasan
3. Mampu mengelola acara/event kehumasan
4. Mampu bekerja secara individu, maupun kelompok dalam kegiatan kehumasan

Kompetensi lainnya Ahli Madya Kehumasan meliputi:
1. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam kegiatan kehumasan
2. Memiliki kemampuan berwirausaha di bidang kehumasan
3. Memiliki kepribadian yang baik – menunjukkan rasa hormat, perhatian, dan berempati kepada publik
4. Mampu menerapkan Etika Profesi Kehumasan

Peminatan Periklanan
Kompetensi Utama Ahli Madya Periklanan meliputi:
1. Mempu bekerja di bidang kegiatan bina usaha (mengelola klien)
2. Mampu merencanakan dan membeli media (media buying) untuk kegiatan periklanan
3. Mampu bekerja dalam bidang kreatif (visual iklan dan naskah iklan)
4. Mampu melakukan evaluasi kegiatan periklanan
5. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kegiatan periklanan

Kompetensi Penunjang Ahli Madya Periklanan meliputi:
1. Mampu melakukan komunikasi dengan klien
2. Mampu melakukan lobi dan presentasi iklan
3. Mampu melakukan analisis media iklan
4. Mampu menggali ide dan membuat produk iklan
5. Mampu menggunakan dan beradaptasi terhadap teknologi informasi periklanan

Kompetensi lainnya Ahli Madya Periklanan meliputi:
1. Memiliki kemampuan komunikasi interpersonal
2. Memiliki jiwa kewirausahaan
3. Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam kegiatan periklanan
4. Memiliki kepribadian yang baik – menunjukkan rasa hormat, perhatian, dan berempati kepada publik
5. Mampu menerapkan Etika Periklanan

Peminatan Komunikasi Bisnis
Kompetensi Utama Ahli Madya Komunikasi Bisnis meliputi:
1. Menguasai konsep dan keterampilan komunikasi bisnis
2. Memiliki keterampilan dalam melakukan kegiatan lobi dan negosiasi dalam bisnis
3. Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi permasalahan bisnis
4. Memiliki kemampuan korespondensi bisnis
Kompetensi Penunjang Ahli Madya Komunikasi Bisnis meliputi:
1. Menguasai tujuan-tujuan bisnis
2. Memiliki kemampuan wawancara bisnis dan melakukan tender bisnis
3. Mampu memanfaatkan media bisnis untuk melaksanakan komunikasi bisnis

Kompetensi lainnya Ahli Madya Komunikasi Bisnis meliputi:
1. Memiliki kepribadian yang baik – menunjukkan rasa hormat, perhatian, dan empati
2. Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam kegiatan komunikasi bisnis
3. Memiliki kemampuan komunikasi interpersonal
4. Mampu menerapkan Etika Profesi di bidang Komunikasi Bisnis
5. Memiliki kemampuan kewirausahaan

Peminatan Informasi dan Perpustakaan
Kompetensi Utama Ahli Madya Informasi dan Perpustakaan meliputi:
1. Memiliki keterampilan melakukan seleksi dan akuisisi koleksi sesuai lembaga informasi;
2. Memiliki keterampilan dalam melakukan Pengolahan koleksi dalam berbagai bentuk agar dapat ditemukan kembali secara efektif dan efisien saat diperlukan (registrasi/inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, labeling, shelving)
3. Memiliki keterampilan dalam melayani dan menyebarluaskan koleksi agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna lembaga informasi secara online maupun offline.
4. Memiliki keterampilan preservasi, kemas ulang informasi, digitalisasi informasi terhadap koleksi lembaga informasi.

Kompetensi Penunjang Ahli Madya Informasi dan Perpustakaan meliputi:
1. Memiliki keterampilan komunikasi dalam membina hubungan dengan stakeholder lembaga informasai (untuk layanan informasi)
2. Memiliki keterampilan mendeskripsikan isi koleksi (katalogisasi deskriptif) menulis dan berbicara secara efektif;
3. Menguasai teknologi informasi di bidang Lembaga Informasi (untuk database pengolahan koleksi dan diseminasi informasi, online dan offline);
4. Mampu memahami kebutuhan informasi pemustaka;
5. Memiliki ketelitian tinggi terutama dalam melakukan kegiatan pengolahan koleksi (registrasi, klasifikasi, katalogisasi, data entry).

Kompetensi lainnya Ahli Madya Informasi dan Perpustakaan meliputi:
1. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam kegiatan lembaga informasi.
2. Memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perubahan teknologi dan informasi baru
3. Memiliki kepribadian yang baik – menunjukkan rasa hormat, perhatian, dan rasa empati terhadap sesama.
4. Memiliki keterampilan komunikasi efektif – mampu manjadi pendengar dan pembicara yang baik.
5. Mampu menerapkan Etika Profesi Pustakawan.

2. Program Sarjana
Program sarjana di Fakultas Ilmu Komunikasi memiliki dua program studi, yaitu: Ilmu Komunikasi dan Ilmu Perpustakaan

Program Studi Ilmu Komunikasi
Program studi ilmu komunikasi memiliki tiga Peminatan, yaitu: Ilmu Jurnalistik, Ilmu Hubungan Masyarakat, dan Ilmu Manajemen Komunikasi.

Peminatan Ilmu Jurnalistik
Kompetensi Utama Peminatan Ilmu Jurnalistik meliputi: Pekerjaan kewartawan menghendaki kompetensi sebagai berikut:
1. Memiliki pengetahuan umum tentang sistem sosial, budaya, hukum, ekonomi dan politik khususnya dalam konteks nasional.
2. Memiliki pengetahuan komunikasi massa dan keterampilan melakukan berbagai teknik riset media massa.
3. Memiliki kemampuan persuasi dan komunikasi antarpribadi dalam menjalin hubungan dengan sumber berita.
4. Memiliki kemampuan dalam mewawancarai, menulis, mengedit, mendesain dan memproduksi berita baik cetak maupun elektronik
5. Memiliki kesadaran dan kemampuan dalam menggunakan teknologi komunikasi, informasi dan fotografi untuk mengoptimalkan praktik jurnalistik.
6. Memiliki kesadaran dan pengetahuan etis, sistem hukum pers dan sistem kehidupan sosial masyarakat.

Kompetensi Penunjang Peminatan Ilmu Jurnalistik meliputi:
1. Mampu bekerja secara perorangan/individu.
2. Mampu bekerja dalam tim, baik sebagai anggota tim maupun sebagai pemimpin.
3. Memiliki kepekaan terhadap isu aktual.
4. Memiliki etika, etos kerja yang baik, serta daya juang yang tinggi sehingga mampu menghasilkan karya jurnalistik berkualitas.

Kompetensi lainnya Peminatan Ilmu Jurnalistik meliputi:
Memiliki kemampuan melakukan inovasi, kreativitas, serta manajerial pengelolaan rubrik pada media cetak atau program siaran jurnalistik.

Peminatan Ilmu Hubungan Masyarakat
Kompetensi Utama Peminatan Ilmu Hubungan Masyarakat meliputi:
1. Memiliki Kesadaran tentang posisi dan fungsi Humas di masyarakat;
2. Memiliki pemahaman menyeluruh tentang praktik Humas dalam berbagai setting organisasi baik pemerintah, swasta atau LSM;
3. Mampu mengelola media dan program komunikasi kehumasan;
4. Memiliki kemampuan melakukan riset opini publik, citra dan kampanye untuk mengembangkan hubungan berdasarkan goodwill;
5. Memiliki kemampuan komunikasi lisan, menulis, melakukan riset, merencanakan dan menangani krisis komunikasi, konflik dan masalah komunikasi korporat;
6. Memiliki kemampuan menggunakan keterampilan komunikasi untuk membangun hubungan dengan komunitas media , pemerintah dan berbagai publik terkait;
7. Memiliki keterampilan menggunakan teknologi komunikasi yang terakit dengan bidang penerapan humas termasuk Cyber Public Relations;
8. Memiliki komitmen bekerja secara etis untuk mengembangkan model kerja humas yang profesional.

Kompetensi Penunjang Peminatan Ilmu Hubungan Masyarakat meliputi:
1. Mampu menjadi komunikator perusahaan dengan berbagai macam stakeholdersnya;
2. Mampu menjadi bagian dari Decision Maker dengan stakeholdersnya;
3. Mampu menjadi seorang manager komunikasi di lembaga/instansi yang menjadi tempat bekerja;
4. Mampu menjadi seorang profesional komunikasi yang handal;
5. Memliki kemampuan riset dalam berbagai masalah yang berkaitan dengan komunikasi dan hubungan masyarakat;
6. Memiliki integritas, etika dan moral dalam menjalankan tugas profesionalnya

Kompetensi lainnya Peminatan Ilmu Hubungan Masyarakat meliputi:
1. Kemampuan bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan berbagai konteks kehidupan.
2. Kemampuan dalam mengambil keputusan sesuai dengan nilai-nilai kehidupan lokal maupun global.
3. Mampu menerima masukan, menggali informasi dan mensosialisasikan informasi serta membangun pengertian antara perusahaan dan berbagai publiknya.
4. Mampu menerima masukan, menggali kebutuhan dan aspirasi masyarakat, mensosialisasikan serta membangun dukungan masyarakat terhadap pemerintah.

Peminatan Ilmu Manajemen Komunikasi
Kompetensi Utama Peminatan Ilmu Manajemen Komunikasi meliputi:
1. Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan dan membuat perencanaan strategis bidang komunikasi (Strategic communication planning) khususnya dalam lingkup industri bisnis media.
2. Memiliki kemampuan audit dan riset komunikasi untuk perencanaan dan pengembangan sumberdaya komunikasi dalam konteks organisasi khususnya industri bisnis media.
3. Memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pengembangan Program komunikasi pemasaran dan sumberdaya manusia komunikasi dalam lingkup organisasi khususnya industri bisnis media.
4. Memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan dan strategi bisnis media dan komunikasi pemasaran.
5. Memiliki pemahaman tentang sistem dan struktur industri bisnis media
6. Memiliki sikap kerja profesional dalam menjalankan bisnis komunikasi dan media yang dilandasi wawasan etis dan norma sosial yang berlaku.

Kompetensi Penunjang Peminatan Ilmu Manajemen Komunikasi meliputi:
1. Kemampuan dalam memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dalam bidang manajemen media
2. Kemampuan dalam mengelola pengetahuan organisasi di bidang komunikasi pemasaran
3. Kemampuan mengelola program pelatihan komunikasi

Kompetensi lainnya Peminatan Ilmu Manajemen Komunikasi meliputi:
1. Kemampuan bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan berbagai konteks kehidupan.
2. Kemampuan dalam mengambil keputusan sesuai dengan nilai-nilai kehidupan lokal maupun global.

Program Studi Ilmu Perpustakaan
Kompetensi Utama Program Studi Ilmu Perpustakaan meliputi:
1. Kemampuan dalam bidang manajemen kelembagaan informasi
2. Kemampuan dalam bidang organisasi/pengelolaan sumber daya informasi dan kepustakaan
3. Kemampuan dalam bidang layanan dan jasa informasi
4. Kemampuan dalam bidang komunikasi
5. Kemampuan dalam penguasaan teknologi serta sistem informasi dan perpustakaan
6. Kemampuan dalam pengajaran skill informasi
7. Kemampuan mengkaji, menganalisa dan meneliti pada bidang informasi dan perpustakaan

Kompetensi Penunjang Program Studi Ilmu Perpustakaan meliputi:
1. Kemampuan dalam wirausaha informasi
2. Kemampuan dalam hal literasi informasi dan media
3. Kemampuan dalam bidang pendokumentasian budaya
4. Kemampuan dalam penanganan informasi lingkungan
5. Pemahaman tentang aspek etika dan hukum dalam bidang informasi
6. Kemampuan dalam bidang pengetahuan lokal (local knowledge)

Kompetensi lainnya Program Studi Ilmu Perpustakaan meliputi:
1. Kemampuan bersikap dan berperilaku yang sesuai dengan berbagai konteks kehidupan.
2. Kemampuan dalam mengambil keputusan sesuai dengan nilai-nilai kehidupan lokal maupun global.

FASILITAS




Tidak ada komentar:

Posting Komentar